Rabu, 29 Juni 2011

Popularitas Android Bangkitkan Era Buku Digital


Jakarta - Pertumbuhan sistem operasi dan perangkat Android yang cukup tinggi menjadi pemicu pertumbuhan konten buku-buku digital di Indonesia. OS besutan Google itu bahkan dinilai lebih merangkul semua kalangan dibanding kompetitornya.



Fenomena ini pun dimanfaatkan oleh PT Informotics Digital Persada yang siap menyulap buku produk para penerbit menjadi eBook.

Kepada detikINET, Ardiansyah selaku CEO Informotics mengatakan bahwa pihaknya segera menyiapkan 'mall digital', agar para pembaca langsung bisa membeli kumpulan buku digital yang tersedia.

Mall atau kedai buku digital ini tentunya tidak merepotkan para pembaca untuk masalah registrasi dan pembelian. Bagi sebagian orang, membeli buku di iPad dengan harga dolar terkadang membuat malas. Hal ini yang membuat pertumbuhan konten buku digital kurang melesat.

Tetapi dengan hadirnya platform Android, diharapkan bisa lebih menjangkau semua kalangan. Ardiansyah menilai Android sangat pas sebagai pemicu pertumbuhan konten buku digital.

"Sangat bagus, kuncinya adalah platform matang dan banyak konten buku tablet menjawab tantangan masyarakat digital. Harapan kita memenuhi aplikasi itu," paparnya ketika dihubungi detikINET, Rabu (22/6/2011).


Operator Menjadi Kunci

Sejalan dengan itu, ia menambahkan bahwa salah satu pemegang peran penting dalam pertumbuhan eBook adalah operator. Pihaknya saat ini sedang melakukan penjajakan dengan dua operator besar terkait model bisnis yang digunakan.

Nantinya para pembeli eBook akan langsung mendapat akses ke toko aplikasi via tablet Android yang dipasarkan. Akan ada tiga model pembayaran yang langsung dipotong dari pulsa konsumen.

"Yang pertama adalah pay for download, kemudian model langganan unlimited mulai dari harian, mingguan, dan bulanan, dan yang terakhir adalah quota based tergantung berapa jumlah data yang diunduh," lanjut bos Informotics tersebut.

Buku-buku digital tersebut akan diproduksi dalam format .ePub atau .Pdf. Sebuah buku kira-kira memiliki ukuran antara 500kb sampai 2 MB. Setelah berfokus ke Android, Informotics berencana menjajah pasar iPad, baru setelah itu BlackBerry PlayBook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar